UKS

  • 26 April 2020
UKS

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu membentuk manusia yang beriman dab Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan sehat jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri, serta bertanggung jawab kepada masyarakat dan bangsanya. Diantara tujuan tersebut terdapat tujuan yang menyangkut kesehatan jasmani maupun kesehatan mental sosial dimana keduanya sangat mempengaruhi terwujudnya manusia seutuhnya.

Dalam UU No. 23 tahun 1992 dinyatakan bahwa pembangunan kesehatan bertujuan mewujudkan tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan kesehatan masyarakat optimal.

Dalam konteks inilah sudah seyogyanya Dinas Pendidikan dan Dinas kesehatan bekerjasama dalam pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah agar dapat menghasilkan manusia yang berkualitas, sehat fisik mental dan sosial sehingga dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotornya.

Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan bagi peserta didik di semua jenjang melalui program kurikuler maupun ekstra kurikuler. Di dalam pelaksanaannya menekankan pentingnya sekolah sehat yang perlu memperoleh pembinaan secara insentif dengan melibatkan unsur sektoral yang berperan secara aktif agar dapat mendorong program sekolah sehat sehingga dapat tercipta proses belajar mengajar yang kondusif, yang pada akhirnya mampu meningkatkan mutu pendidikan dalam menyukseskan Visi dan Misi.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah wahana belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk prilaku hidup sehat anak usia sekolah.

Ditinjau dari sudut pembangunan di bidang kesehatan, UKS merupakan salah satu strategi untuk mencapai kemandirian masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan dan menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan, yang selanjutnya akan menghasilkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

  • 26 April 2020