Futsal

  • 26 April 2020
Futsal

Futsal adalah olahraga yang menjadi kegemeran banyak orang. Selain menggemari olahraga futsal akrena hobi atau kesenangan, banyak juga yang bermain futsal karena banyak manfaat positif yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya pada orang dewasa saja, anak-anak pun bisa merasakan manfaat dari olahraga futsal sejak dini. Ya, bermain futsal memang harus diajarkan sejak dini kepada semua orang karena manfaatnya yang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga untuk pertumbuhan.

Jadi tidak hanya diajarkan seputar teknis bermain futsal yang benar, tetapi yang lebih penting adalah mengajarkan bagaimana pejuang sejati itu berasal dari usaha dan tekad yang kuat, fokus dalam latihan dan juga eksekusi yang baik dapat membuat mereka menjadi sang juara.

Nah, sebelum mendaftarkan anak Mama dalam kompetisi futsal tersebut, yuk simak manfaat apa saja yang bisa di dapat dari olahraga Futsal.

1. Melatih kerjasama tim
Manfaat satu ini menjadi faktor yang sangat krusial dalam menentukan kemenangan suatu pertandingan. Jika dalam pertandingan sepak bola sebuah tim bisa memenangkan pertandingan dengan one man show, namun tidak dalam pertandingan futsal.
Kerjasama tim bisa dijalin mulai dari proses latihan, dimana pemain saling mengenal karakter dan memberikan dukungannya satu sama lain. Tidak hanya secara permainan, secara komunikasi di lapangan juga penting agar terjalin dengan baik dan benar.
Jika kerjasama tim tak terbentuk dengan baik, tentunya kememangan akan sulit untuk dirasih. Oleh karenanya futsal mengajarkan pemain untuk mementingkan kekompakan dan kerja sama, hal ini juga bisa membuat anak lebih mudah bersosialisasi.


2. Meningkatkan kesehatan paru-paru
Olahraga futsal tentunya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk menjaga kebugaran paru-paru, karena futsal merupakan salah satu bentuk latihan aerobik.
Jika latihan aerobik dilakukan secara teratur dengan minimal 3 kali selama seminggu, maka bisa bermanfaat memelihara dan meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru.
Jika anak Mama memiliki kebugaran jantung dan paru yang baik, tentu saja hal ini bisa bermanfaat untuk kegiatan sekolahnya agar tidak mudah lelah dan mengantuk sehingga prestasi belajarnya pun meningkat.

3. Mencegah obesitas
Banyak orangtua yang khawatir jika anaknya memiliki berat badan berlebih atau obesitas yang tak sesuai dengan usianya. Nah, salah satu cara untuk mencegahnya, Mama bisa mengajarkan anak bermain futsal sejak dini.
Sebab bermain futsal dipercaya bisa mencegah anak-anak dari kegemukan. Alasannya karena mereka akan lebih banyak bergerak untuk membantu menjaga pola tubuh yang lebih sehat. Hal ini tentunya harus tetap diimbangi dengan pola makan yang sehat ya, Ma.

4. Berpikir cepat meningkatkan kedisiplinan
Melibatkan kemampuan fisik dan pasing pendek dari kaki satu ke kaki lainnya, bermain futsal ternyata bisa bermanfaat untuk melatih kecepatan berpikir dan mengambil keputusan yang tepat. Olahraga ini dimainkan dalam tempo tinggi dan cepat, maka dalam suatu permainan futsal pemain dituntut untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan.

5.Hiburan melepas penat

Manfaat satu ini tentunya menjadi pilihan seseorang untuk melepas penat. Dengan mengajarkan futsal sejak dini, maka orangtua bisa membantu anak melepaskan rasa stres dan jenuh anaknya dalam beraktifitas sehari-hari.
Hal ini karena saat bermain futsal tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang menimbulkan rasa senang. Sehingga bila kita melakukan latihan fisik seperti ini secara teratur, maka anak akan terhindar dari depresi dan kecemasan.
Itulah manfaat positif dari futsal yang baik untuk tubuh anak. Yuk, mulai ajarkan futsal sejak dini pada anak-anak agar mereka dapat tumbuh kembang dengan sehat dan bahagia. Semoga bermanfaat ya, Ma!

  • 26 April 2020